Sunday 1 May 2016

CARA BUDIDAYA CUPANG

CARA BUDIDAYA CUPANG


Salam semuanya. Kali ini saya akan membahas seluk beluk budidaya ikan cupang. Bagi pembaca yang berminat ingin menekuni bisnis Budidaya Ikan Cupang mari kita ulas dari A-Z tentang ikan cantik ini.
Ikan cupang (Betta sp) adalah ikan cantik yang mempunyai warna yang cantik bagaikan pelangi. Indonesia adalah Negara yang mempunyai banyak sekali jenis ikan cupang.

 Ikan cupang hidup di perairan yang tidak berarus dan minim oksigen, karna ikan ini mempunyai katup untuk menyumpan oksigen. Di alam Ikan ini biasa hidup di parit, pematang sawah, got, danau, dan genangan air lainnya. Ikan cupang mempunyai jenis yang beragam

Sebelum membudidayakan ikan ini alangkah baiknya kita mengenal ikan ini lebih dekat. Baiklah kita akan membahas satu persatu jenis ikan ini.


BERDASARKAN JENISNYA 

 1. Halfmoon


   Cupang jenis ini mempunyai ciri yang dominan yaitu ekor panjang yang membentuk setengah lingkaran, Pada tahun 1991 breeder cupang Amerika bernama Jeff Wilson melihat ikan ini dan menamainya "halfmoon". Sampai saat ini ikan ini masih menjadi primadona para kolektor ikan hias ksususnya ikan cupang.  Jenis halfmoon sendiri ada halfmood lafender, rosetail, dumbo ear (persilangan big ear dan halfmoon).





2. Halfmoon Doubletail

   
   Sebutan double tail (cagak) diberikan pada ikan yang memiliki sirip ekor sebanyak dua buah. Akibatnya, ikan ini seperti memiliki sirip ekor yang terbelah sehingga disebut juga dengan istilah “fin split”. Setiap sirip ekor (belahan) tersebut memiliki ukuran yang sama besar dan sama lebar. Diduga, cupang cagak merupakan mutan dari halfmoon yang memiliki satu sirip ekor (single tail).




3. Plakat


     Plakat berasal dari istilah di Thailand yang artinya kurang lebih adalah tarung atau laga. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang ini biasa digunakan sebagai cupang aduan. Thailand memang memiliki tradisi adu cupang yang sudah melegenda.
Sirip dan ekor cupang plakat biasanya pendek tidak menjumpai seperti serit dan halfmoon. Karena pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan ikan cupang plakat tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.



4. Kuping Gajah (big ear)

  Sama seperti Plakat. cupang ini juga mempunyai ekor yang pendek. namun sesuai namanya, ikan ini mempunyai sirip yang besar seperti gajah.  ikan ini juga nampak anggun karna ketika berjalan atau ngedok ikan ini nampak membelai belaikan siripnya yang panjang. Untuk jenis ini harganya masih lumayan mahal, karna masih jarang ditemui di toko ikan hias.





5. Serit (Crown Tail)


Ikan jenis ini mempunyai pangkal ekor yang lancip seperti sisir serit dan umumnya membentuk silang . Ikan ini adalah ikan asli indonesia, yang pertamakali di ternakan di kompleks Bulog, Rawamangun, Jakarta Timur

Pada awal kemunculan nya ikan ini menjadi bahan tertawaan dan ejekan di  kontes ikan cupang di Bali. Mereka beranggapan bahwa ikan ini adalah ikan cacat dan tidak masuk dalam katagori kontes.  Seiring berjalannya waktu ikan ini menjadi idola dan diburu para penghobi cupang karna bentuknya yang khas.


6. Giant

   Seperti namanya Yang membedakan cupang jenis ini dengan cupang lainnya adalah ukuran tubuhnya yang paling besar diantara jenis lainnya. dari segi ekor ada yang panjang seperti Halfmoon dan Plakat. 
   
   Panjang tubuhnya bisa sampai 10cm. Bahkan pernah ditemukan yang hingga 12cm.
Untuk  mencapai ukuran itu bukanlah perkara mudah. Butuh kesabaran dan juga makanan yang teratur dalam merawatnya.
7. SLAYER



 Cupang ini adalah cikal bakal dari halfmoon.  jenis ini mulai dilupakan karna kurang menarik. Bentuk ekornya yang menguncup membuatnya terkesan layu.


 



8. CUPANG ALAM (WILD BETTA)
  Ini adalah cikal bakal dari cupang hias yang ada saat ini,  keadaanya semakin langka dan sangat sulit membudidayakannya membuat ikan jenis ini sangat mahal,  harganya bisa mencapai jutaan Dolar Rupiah.
  Saat ini mulai banyak orang yang mecoba untuk membudidayakannya, ikan ini belum bisa dibudidayakan secara buatan.
 









BERDASARKAN  WARNANYA

 1. DRAGON

   julukan Dragon atau Naga diberikan karna jenis ikan ini mempunyai sisik yang berselimut Titik-titik seperti mutiara  dari ujung kepala sampai pangkal ekor. Warna sisik yang mengkilat, terlihat tebal dan menonjol disekujur tubuh membedakannya dari cupang hias biasa. 

   Warna sisik dan warna sirip membedakan penamaan cupang naga ini, seperti red dragon: cupang naga bersirip merah, yellow dragon: cupang naga bersirip kuning. Cupang naga mulai diperkenalkan di Aquarama tahun 2005 dan saat ini menjadi trend cupang hias di Indonesia.

2. FANCY


    Ikan cupang Plakat Fancy merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki banyak corak warna. Corak warna yang dimiliki paling sedikit sekitar 3 corak warna yang terdapat dibagian tubuh, ekor dan sirip ikan. Warna itu yang membuat ikan ini menjadi unik dan cantik.





3. KOI


Hamir sama seperti plakat. yang membedakan pada ikan ini Corak pada ikan ini yang (ngeblok) seperti ikan koi. Warna ini yang membuat ikan terlihat unik seperti ikan koi tapi dalam versi mini-nya.





4. MARBLE



Jenis marble mempunyai corak warna yang sembarangan dan terkesan kusam yang membuat ikan ini terkesan klsik.







5.SUPER RED

       Mempunyai warna dasar merah polos tanpa gradasi warna lain











6. WHITE

 Sama seperti saudaranya Super Red. Cupang jenis ini mempunyai warna dasar putih polos








7. BLACK

  Warnanya hitam polos











8. BLUE

 Mempunyai warna biru pekat yang dominan

















CARA BUDIDAYA CUPANG

A. TEMPAT ATAU WADAH PIJAH

Wadah yang digunakan umumnya berukuran PxLxT  20x15x12.  Jika terlalu kecil ikan akan kesulitan bergerak. Jika terlalu besar ikan akan kesulitan mengejar pasangannya

B. AIR

Air yang digunakan harus mengandung PH yang stabil. Air yang bersih menjadi pendukung keberhasilan memijahkan. Biasanya peternak menggunakan daun ketapang untuk menyetabilkan PH air dan membunuh bakteri yang dapat membusukkan telur.  baca juga Manfaat Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang.  Tinggi air juga turut mempengaruhi. Biasanya tinggi air yang ideal antara 15-20cm. Jika terlalu tinggi akan membuat burayak susah mencapai permukaan air nantinya.

C. MEMILIH INDUKAN

Indukan yang baik dan berumur sangat berpengaruh terhadap hasil telur yang didapat. Semakin tua indukan menyimpan telur maka ia semakin siap dipijahkan. Usia mapan cupang jantan adalah diusia 4bulan lebih. Dan pada betina 6bulan lebih. pilih indukan yang sehat, mempunyai warna cerah dan tidak cacat. Perlu diketahui agar tidak mengawinkan ikan yang satu indukan yang sama (satu lubuk) karna dapat mengakibatkan ikan cacat. pilihlah indukan perempuan yang mempunyai perut gendut (full telur). Perlu anda ketahui bahwa usia ikan mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan. Usahakan padasaat mengawinkan ikan, Pilhlah jantan yang lebih besar dari betinanya.




Ciri-ciri cupang jantan
  •  Tubuhnya langsing.
  •  Gerakan cupang jantan biasanya sangat agresif/lincah. (dalam hal ini betina juga ada yg lincah)
  • Ekor (caudal fin) dan sirip (ventral fin/dasi) lebar dan panjang.
  • Warna lebih cerah dan menarik dari pada betina.
Ciri-ciri cupang betina
  • Bertubuh gempal (padat, tidak panjang).
  • Gerakan lebih lambat (tidak agresif).
  • Ekor (caudal fin) dan sirip (ventral fin/dasi).
  • Warna kurang menarik.
  • Ada titik putih di perut :

D. TEMPAT MEMBUAT SARANG
 Biasanya berupa tanaman air, Foam busa, Plastik, dll yang bersifat mengambang di permukaan air.




BERSIAPLAH


       Terdapat dua temat yang cocok untuk pemijahan. Didalam ruangan (INDOOR) dan luar ruangan (OUTDOOR). Tempat outdoor lebih disarankan karna ikan lebih mod untuk bercumbu. Usahakan tempat pemijahan harus tenang, Sepi dari lalu lalang, Gelap, Dan mendapat sinar matahari secara tidak lansung.
Penggunaan Tanaman air lebih dianjurkan daripada plastik atau busa foam. karna pada akar tanaman terdapat tempat untuk berlindung dan mencari makan bagi burayak nantinya. Berikut adalah langkah langkanya.

      Pertama kita siapkan tempat pemijahan sesuai syarat  diatas tadi. Kemudian masukanlah pejantan terlebih dahulu di hari pertama agar ia menguasai wilayah barunya. Setelah itu masukanlah ikan betinanya, Dengan cara memisahkannya secara tidakl angsung dengan gelas AKUA plastik bekas minuman ringan (lihat foto).
     Jika pejantan sudah membuat sarang dengan adanya Busa-busa dipermukaan air dan pejantan tampak mengejar betina, Maka ikan betina siap untuk benar benar disatukan. Biasanya ikan ini akan kawin pada pagi dan sore hari. Biasanya setelah jantan membuahi betina, Betina langsung melepaskan telurnya dan sang jantan akan memunguti telurnya untuk menaruhnya disarang. Jika sudah bertelur (ditandai dengan adanya titik putih di sarang cupang yang merupakan telur). Segeralah angkat sang betina karna sangjantan akan menjaga telur nya dan menyerang sang betinanya Hingga Tewas.
     Telur ikan akan menetas dalam waktu 1 sampai 3 hari.  Setelah menetas, Burayak akan berenang tanpa arah. Dan sang ayah akan mengajarinya berenang. Diusia 3 Hari burayak sudah bisa berenang lincah dan bisa diberi makan berupa kutu air yang disaring sampai halus, kuning telur, Artemia, Infusoria, dan Mikroorganisme lainnya.
      Mengangkat induk jantan, Sampai saat ini masih simpangsiur tentang kapan waktu yang tepat untuk mengangkat sang jantan,  ada yangmenyebutkan 3 hari setelah burayak menetas, Ada yang bilang 1 minggu, Adapula yang bilang 1 bulan. Saya lebih memilih 3 hari setelah burayak menetas, karna tugas induk jantan telah selesai menjaga telurnya. Pada usia 15 hari pertama burayak mengalami masa keritis (rawan mati). Pada usia 15 hari kedua dia sudah mulai kuat karna sudah dapat makan dengan sempurna. Pada usia 1 bulan ikan sudah dapat dipisahkan wadahnya agar lebih cepat tumbuh. Ikan yang dipisah lebih cepat tumbuh daripada yang disatukan.  diusia 2,5-3 bulan ikan sudah bisa dipasarkan.
Baca Juga: Cara Merawat Burayak Cupang



 


Perlu anda ketahui bahwa ikan cupang betina yang baru pertama kalinya bertelur (After virgin) akan menghasilkan jumlah cupang Jantan lebih besar jumlahnya daripada cupang betina. Dan pada pemijahan berikutnya jumlah jantan yang dihasilkan semakin berkurang dan menjadi tidak ada (hasil anaknya betina semua).

Menurut pengalaman yang saya dapat dari pengalaman beternak ikan cupang. Para peternak cupang jarang memberikan/menjual cupang betina yang masih perawan (virgin). Bahkan takjarang mereka enggan untuk menjual Cupang betinanya dengan alasan enggan produk cupang nya dicetak orang lain, karna biasanya peternak mencetak sendiri warna dan fisik cupang kontesnya untuk di jual dengan harga yang WAW.



PEMASARAN

       Banyak strategi pemasaran yang dilakukan, Bisa menggunakan Internet, Menawarkannya pada toko ikan, dan Membuka toko sendiri. Pemasaran Melalui Internet sangat Dianjurkan karna lebih mudah menemukan pembeli yang sama sama penghobi. Dan juga keuntungan menggunakan internet adalah harga ikan stabil tidak ditawar murah. Biasanya ikan ditawarkan dengan strategi lelang.  Situs yang biasanya digunakan  adalah
  1. Aquabid.com
  2. Facebook 
  3. angkasaaquarium.com
  4. pondokair.com
  5. kaskus.com 

JASA PENGIRIMAN LUAR NEGRI

        Biasanya para kurir jasper enggan mengirim ikan hias dengan alasan ikan akan mati. untuk pengiriman luar nergi biasanya menggunakan layanan cargo agar mendapat sertifikat dan izin. contoh pengiriman luar negri yang saya percayai adalah Jotyabetta Gallery.
        Demikian cara agar kita dapat mendulang uang dari usaha ternak  Ikan cupang.
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Beberapa menyebut Iyus, panggilan akrab Ahmad, kurang pekerjaan. Kebalikan pada tahun 2000, justru peternak dilanda demam serit. Sampai saat ini penemu cupang serit masih simpang siur, peternang cupang di Slipi, Jakarta barat, menganggap Achmad Yusuf sebagai penemu jenis Crowntail. Crowntail lahir pada tahun 1998 dan menjadi booming pada tahun 2000. awal lahirnya jenis ini banyak pihak yang skeptis dan menganggap jenis ini hanya penyimpangan semata.

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Beberapa menyebut Iyus, panggilan akrab Ahmad, kurang pekerjaan. Kebalikan pada tahun 2000, justru peternak dilanda demam serit. Sampai saat ini penemu cupang serit masih simpang siur, peternang cupang di Slipi, Jakarta barat, menganggap Achmad Yusuf sebagai penemu jenis Crowntail. Crowntail lahir pada tahun 1998 dan menjadi booming pada tahun 2000. awal lahirnya jenis ini banyak pihak yang skeptis dan menganggap jenis ini hanya penyimpangan semata.

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Penangkar pertama cupang serit di kompleks Bulog, Rawamangun, Jakarta Timur.

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Penangkar pertama cupang serit di kompleks Bulog, Rawamangun, Jakarta Timur.

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Penangkar pertama cupang serit di kompleks Bulog, Rawamangun, Jakarta Timur.

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ

10 comments:

  1. bang mau tanya kalo beternak cupang di kolam luar rumah dengan suhu dingin apakah tetap bisa menetas telur cupangnya

    ReplyDelete
  2. Mau tanya min , cupang saya sudah cuckup usia jantan lebih dr 4 bulan dan betina yang sudah gendut srkitar 3bln an saya sedang melakukan proses pemijahan dengan menaruh betina di gelas aqua di di tempat pemijahan , tapi yg jantan tertarik namun tidak juga membuat sarang busa gmn ya solusinya agar si jantan segera membuat sarang busa agar si betina bisa saya tempatkan untuk di pijahkan..

    Mohon saranya , terimakasih

    ReplyDelete
  3. MAU MENANG DI PERMAINAN POKER ASLI?
    BUTUH PROGRESS JACKPOT YANG BESAR?
    CARI PERMAINAN FAIRPLAY 100 %?
    BONUS TERBESAR SETIAP MINGGU?

    DISINI TEMPATNYA !
    POKERBINTANG

    POKER ONLINE PALING DI REKOMENDASI DI INDONESIA
    SEBAGAI POKER ONLINE TERBESAR DI ASIA TENGGARA DAN INDONESIA
    LEBIH DARI 5000 MEMBER AKTIF BERMAIN DI DALAMNYA
    SECARA FAIRPLAY !!!

    DAPATKAN PROMO SPESIAL DARI POKERBINTANG

    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10 %
    - BONUS ROLINNGAN 0.3 % HINGGA 0.5 % SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10 % SEUMUR HIDUP
    - BONUS T COIN SECARA FREE
    - PROGRESS JACKPOT SUPER BESAR JACKPOT GLOBAL
    - TURNAMENT BESAR POKER YANG DI ADAKAN SETIAP SAAT

    TUNGGU APA LAGI?
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :

    BBM : D866631B
    LINE : pokerbintang
    WA : +6287772383534
    LIVECHAT 24 ONLINE

    LINK RESMI : WWW.BINTANG-QQ.COM

    JANGAN TUNGGU-TUNGGU BESOK LAGI YA GAN, NANTI HOKINYA KEBURU KABUR LHO !!
    SALAM SUKSES





    http://www.bintang-qq.com/





















    ReplyDelete
  4. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.qmario. com
    - www.qmario. net

    ReplyDelete
  5. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.
    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.


    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder
    Beberapa keunggulan nya yaitu :

    - Fleksibel
    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.
    - Low Maintance
    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.
    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)


    Spesifikasi Tenda Roder

    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.

    2. Memiliki Ukuran yang besar

    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara



    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Untuk pemesanan dan konsultasi lebih lanjut anda bisa hubungi kami di : Telp/WA 081112520824 ATAU 081807000899 RAHMA

    .

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00


    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/



    https://tendagudangbogor.blogspot.com/



    https://id.pinterest.com/tangerang0290/

    https://twitter.com/TangerangRoder

    https://www.instagram.com/tendarodertangerang1/

    https://sites.google.com/d/13ngcAypBp3gn-PdcA7XaRjpYZH8Cu3kM/p/1THW6hgDfmbFrFrMj9qbjdbOh4Fg7_1Sq/



    jual tenda roder transparan | jual tenda roder surabaya | jual beli tenda roder | harga sewa tenda roder jakarta | harga tenda roder per meter | harga sewa tenda roder per meter | harga tenda roder transparan | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder tangerang selatan | sewa tenda roder surabaya | sewa tenda roder bandung | sewa tenda roder transparan | sewa tenda roder medan | sewa tenda roder semarang | sewa tenda roder tangerang | sewa tenda roder jogja | sewa tenda roder bogor | sewa tenda roder jakarta | sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder banjarmasin | sewa tenda roder balikpapan | harga sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder di bali | sewa tenda roder indonesia com | sewa tenda roder di semarang | harga sewa tenda roder | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder surabaya | harga sewa tenda roder tangerang selatan | harga sewa tenda roder jakarta | jasa sewa tenda roder | sewa tenda roder karawang | sewa tenda roder murah | sewa tenda roder pekanbaru | harga sewa tenda roder per meter | sewa tenda roder untuk pernikahan | sewa tenda roder vip

    ReplyDelete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html