Sunday 16 October 2016

Cara Menghasilkan Keturunan Guppy Dominan Jantan.

Salam sobat dimanapun berada semoga selalu diberi kesehatan. Sesuai judul kita kali ini kita akan membahas bagaimana menghasilkan ikan guppy dengan keturunan jantan yang lebih banyak dibanding jumlah betina. Banyak para peternak guppy yang melakukan berbagai metode agar menghasilkan jumlah jantan yang dominan dalam satu keturunan.  Sebenarnya cara ini juga dapat diterapkan pada ikan molly, pelatis, dam marbel. Tapi karna penelitian yang saya lakukan adalah terhadap ikan guppy jadi yang saya akan bahas adalah ikan guppy

 Baca juga: CARA BETERNAK IKAN GUPPY

Guppy jantan memang lebih menarik dari betina. Karna hanya sang jantanlah yang mempunyai ekor yang lebar dengan warna yang berfariasi. Biasanya guppy jantan banyak digemari oleh para toko ikan hias karna lebih cepat lakunya dibandingkan betina. dan betina digunakan untuk memproduksi keturunan guppy baru oleh para breeder.

Berikut ini adalah cara yang sering dilakukan oleh para breeder yang saya simak selama ini. Kebetulan saya sendiri adalah Breeder guppy :D

1. Penggunaan Madu
Madu selama ini memang dikenal dengan sejuta manfaatnya. Tak disangka juga madu ini dapat berguna untuk menghasilkan keturunan ikan guppy yang dominan jantan. Madu yang bisa digunankan adalah madu yang asli dari hutan atau peternakan lebah dan bukan madu yang diproduksi masal oleh pabrik karna sudah tercampur bahan tambahan.
  
Larutkan madu kedalam air bersih dengan ph stabil pada ikan (7 sampai 8,5). Dari pengamatan dan pengalaman saya jumlah kandungan madu dalam setiap liter air adalan 50mL/L. Lalu rendam ikan dalam larutan madu tadi. Ikan yang di rendam adalah ikan guppy betina yang sedang hamil atau telah dibuahi. Saat perendaman yang tepat adalah ketika masa kehamilan guppy berjalan 2 minggu atau 14 hari. Perendaman dilakukan selama minimal 8 jam dan tidak boleh melebihi dari 24 jam karna pertumbuhan jamur dari Fermentasi  madu yang tercampur didalam air akan menyebabkan kematian pada ikan.



2. mengawinkan guppy dengan jumlah jantan yang banyak
Cara ini sering saya lakukan untuk mendapatkan keturunan guppy yang dominan jantan. Pengawinan dilakukan dengan perbandingan 5 jantan berbanding 3 betina. Atau 2 jantan berbanding 1 betina. Tujuannya untuk memperbanyak jumlah gen jantan yang membuahi betina. Saya percaya dan yakin gen jantan  dapat mempengaruhi hasil anakan dari perkawinan ikan guppy.

3. Pemberian hormon
Sebelumnya saya sangat tidah menyarankan untuk pengunaan cara ini. Cara ini dapat mengakibatkan umur guppy yang singkat dan juga keturunan guppy menjadi cacat  (Tidak selalu terjadi)  juga dapat mencemari lingkungan dan mengakibatkan Penyakit KANKER. Hormon yang diberikan adalah androgen (17a-methyltestosteron).Dengan ukuran dosis 2 mg/liter. 
Cara penerapannya juga sama seperti pada permberian madu. Yaitu dengan merendam guppy betina yang sedang hamil dan usia kehamilannya 2 minggu atau 14 hari. Cara ini terbukti ampuh dan tingkat keberhasilannya lebih dari 85%




bagaimana artikel saya kali ini tentang Cara Menghasilkan Keturunan Guppy Dominan Jantan. Apakan membantu anda?  jangan lupa kunjungi blog kami lainnya tentang cara Budidaya Udang Hias. Semoga dapat membantu sobat dirumah dan dapat mudah untuk dimengerti.




1 comment:

  1. hormon methylene testosterone nya biasanya beli dimana ya ?
    trims

    ReplyDelete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html